YES, WE WIN AGAIN ! – TOYOTA VIOS DI AFOS

Majalah Otosport, September 2009

YES, WE WIN AGAIN !
TOYOTA VIOS DI AFOS
147a-win

TOYOTA Vios mendominasi Asian Festival of Speed (AFOS) kelas Asian Touring Car-Max 1500 yang berlangsung di Sirkuit Sentul. Jawa Barat (154 6/8). Sedan 1.500 cc yang dikemudikan Fitra Eri dari tim Toyota Top 1 Garda Oto Racing menjadi juara di 2 race yang digelar. Pada race 1 Toyota Vios berkelir biru-kuning ini masuk finish lebih cepat 15,874 detik sedang race berikutnya unggul 8.453 detik. Padahal pembalap Malaysia yang finish kedua di 2 race tersebut memakai mobil dengan kapasitas mesin lebih besar. 1.600 cc.

147b-win

“Ini membuktikan keandalan Toyota Vios. Selain sebagai mobil yang irit bahan bakar, ia juga mobil yang kencang dan anda. Baik di jalan raya maupun di arena kompetisi balap internasional,” bangga Achmad Rizal, marketing communication manager PT Toyota Astra Motor.

147c-win

Keberhasilan ini mengulang sukses musim 2008. Dengan memakai mobil serupa, Haridarma Manoppo yang waktu itu menjadi pembalap andalan Toyota finish pertama. Padahal Hari start di posisi terakhir dan mesti melawan nval yang memakai mobil bermesin 1.600 cc.”

Untuk AFOS 2009, Toyota ViOS ini dipersiapkan khusus oleh Komandan Garden Speed Taqwa Suryo Swasono yang bermarkas di Cilandak, Jakarta Selatan. “Ada 3 sektor yang kita kembangkan dari tahun lalu, yaitu transmisi, suspensi dan ban,” ujar pria ramah bersuara bariton ini

Taqwa mengeksplorasi mesin 1NZ-FE hingga bisa menghasilkan tenaga antara 190-203 dk. Bukan cuma power besar yang jadi perhatian, tapi juga daya tahan mesin selama 15 lap di setiap race. “Mesin Toyota Vios punya basic yang bagus jadi dua hal itu mudah saya peroleh,” lanjut Taqwa lagi.

147d-win

Untuk suspensi, Taqwa memakai geometri Toyota Yaris yang jadi andalan Fitra Eri di kejumas balap turing kelas GTCC sebagai patokan. “Namun, saya sesuaikan lagi dengan tenaga mobil yang lebih besar, bobot mobil yang lebih berat dan tipe ban yang dipakai,” tukasnya lagi.