UTILITAS | Modifikasi mesin Honda All New City & Toyota Vios JURUS SAKTI i-DSI dan VVT-i

Majalah Motor, Oktober 2003

Hemat, ramah lingkungan dan bertenaga jadi ciri mesin mobil saat ini. Makanya, Honda mengeluarkan teknologi mesin i-DSI )intelligent Dual and Sequential Ignition) yang diaplikasikan di All New City. Atau Toyota dengan VVT-I (Variable Valve Timing ignition). Ini bisa dilihat di Vios.

79-vvti

Namun, buat yang gemar dengan modifikasi mesin, teknologi-teknologi tersebut bisa jadi batu sandungan. “Mesin mobil-mobil sekarang memang didisain bukan untuk dioprek-oprek. Soalnya dari pabriknya sudah dibuat bertenaga dan efisien,”jelas Usman Adie, Service Manager Tunas Toyota Pasar Minggu Jakarta Selatan.

79b-vvti79c-vvti79d-vvti

Salah satu contoh batu sandungan yang dihadapi tuner disini adalah ECU. “Sampai sekarang belum ada yang bisa remapping ECU mesin i-DSI,”jelas Taqwa SS. Komando klinik mesin Garden Speed, Jakarta Selatan. Hal serupa juga dijumpai pada mesin VVT-i.

Opsi ganti ECU secara keseluruhan pun enggak bias sembarangan diambil. “Mengganti ECU sih enggak masalah. Asal ECU tersebut punya opsional dan atau bisa menjalankan sensor-sensor di mesin asli,”lanjut Taqwa. Maksudnya apakah ECU aftermarket seperti Haltech atau Motec bias menjalankan teknologi dual and sequential ignition di city atau mengoperasikan VVT-I di Vios ?

Namun ini bukan berarti gairah untuk mendingkrak performa mesin harus padam. Taqwa akan membagi resep modif city, sedang Usman Adis akan menjelaskan jurus bikin mesin Vios jadi lebih kencang.

Selamat mencoba jack!

79e-vvti