Taqwa SS: Penting Untuk Memahami Kendaraan

Tabloid Otomotif, Agustus 2010

Pengguna kendaraan khususnya mobil memang terus bertambah. Akan tetapi sosialisasi tentang fungsi dan teknologi yang ada pada kendaraan itu dirasa masih sangat kurang. Salah satu indikasinya adalah banyaknya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kesalahan sang pengguna.

63-kendaraan

Hal ini juga diungkapkan oleh Taqwa SS, Manajer Teknis Garda Oto Top 1 Racing Team disela-sela kegiatan kampanye safety driving “Always Drive Safe: Family on Board” di Pacuan Kuda, Pulomas pada Sabtu (07/08) kemarin. Bahwa saat ini masih banyak pengendara yang belum paham kegunaan fitur dan teknologi yang ada pada mobil mereka.

Beberapa kekeliruan yang paling umum dilakukan oleh para pengendara. Antara lain, penggunaan lampu hazard yang harusnya dipakai saat keadaan berhenti darurat, justru banyak yang memakai saat kendaraan berjalan. Selain itu, pemakaian fog lamp yang harusnya hanya saat berkabut, justru dipakai saat cuaca cerah. “Dua kesalahan ini memang nampak sepele, namun justru dapat menimbulkan kecelakaan dijalan raya,” jelas Taqwa.

Tak hanya kesalahan dalam menggunakan fitur mobil. Kekeliruan juga terjadi pada para pengendara yang memiliki mobil berteknologi pengereman ABS. Sebab, beberapa waktu lalu dirinya sempat mendapat komplain dari seorang pelanggan yang mengeluhkan pedal remnya yang bergetar. ”Padahal gejala pedal rem bergetar justru membuktikan jika sistem ABS nya bekerja,” ungkap pria ramah ini.

Selain itu Taqwa juga menjelaskan bahwa sosialisasi bagi para konsumen pengguna mobil dari ATPM, seharusnya terus dilakukan. “Idealnya para ATPM mensosialisasikan fitur dan teknologi yang tersemat dalam kendaraan yang mereka jual kepada para pngguna,” tutup Taqwa.

So, jangan langsung main bejeg pedal gas aja ya…! pahami dulu kondisi kendaraan anda sebelum di geber.