Tak Ada Lawan Meski Beda Ban – Nissan Primera Robert Paul

Tabloid Otomotif, Mei 2010

Tak Ada Lawan Meski Beda Ban

151a-ban

Pertarungan di kelas Super Car belum terlihat maksimal. Indikatornya, Robert Paul yang menunggang Nissan Primera masih meninggalkan lawannya cukup jauh pada seri ke-2 di Sirkuit Sentul (23/5) silam.

Padahal start yang dilakukan oleh pria berkebangsaan Kanada ini tak berjalan mulus. “Sedikit telat untuk akselerasi, jadi sempat diambil oleh pembalap lain,” ucap Robert. Hasilnya, di tikungan 1, Robert harus berjibaku melawan Fitra Eri yang menggunakan Toyota Yaris dan Harry Pahlawan yang mengandalkan Honda Civic Ferio.

Berbeda spesifikasi mobil, Toyota Yaris yang turun di divisi Super Car 1500 dengan cepat ditinggalkan Robert. Namun untuk mengejar ketertinggalan dari Ferio pacuan Harry, Robert butuh 2 lap. Maklum Ferio tersebut sudah dimodifikasi dengan spesifikasi Super Touring dan Super Car.

Overtaking yang dipertontonkan oleh Robert terhadap Harry dilakukan tepat di depan tribun. Sangat terlihat mobil dengan spesifikasi balap turing Inggris tersebut memiliki keunggulan jauh di atas lawan-lawannya.

Pemberlakuan regulasi 2 jenis ban, slick dan grooved juga belum terlihat maksimal membuat persaingan kompetitif. Seperti diketahui, peserta yang memiliki best time lebih lambat dari 1,54 menit/lap ketika balapan seri sebelumnya (seri 1), diperkenankan menggunakan ban slick di seri berikutnya (seri 2). Sedangkan yang lebih cepat dari waktu tersebut harus pakai ban beralur (grooved).

151b-ban

Praktis mobil-mobil seperti All New Honda Jazz yang tingkat modifikasinya tanggung yang bisa menggunakan ban slick, seperti Andara SA dan Wilson Wijaya yang memakai ban slick Achilles. Itupun tetap tak bisa mengejar atau bahkan mendekati mobil Robert dan Harry yang menggunakan ban grooved. Ini karena tingkat modifikasinya jauh berbeda. Untungnya mobil-mobil berkapasitas mesin 1.500 cc itu diwadahi di divisi tersendiri, Super Car 1500.