Sirkuit Lippo Village Siap Gelar A1 GP – GT CHAMPIONSHIP SERI II

Investor Daily, Februari 2009

Sirkuit Lippo Village Siap Gelar A1 GP
GT CHAMPIONSHIP SERI II
164a-lippo

KARAWACI – Setelah sukses menggelar dua seri Lippo Village lndonesian GT Championship, sirkuit jalanan Lippo Village International Formula Circuit (LVlFC) siap menjadi lokasi pertarungan bergengsi lomba balap A1 GP lippo Village, 6-8 November 2009.

Ketua Bidang Olahraga Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Irawan Sucahyono mengatakan, dua seri lippo Village Indonesian GT Championship yang sudah digelar merupakan rangkaian evant balap mobil untuk menyambut Al GP Lippo Village dan lippo Village Indonesian GT Championship Seri III.
Seri III digelar bertepatan dengan pelaksanaan Al GP Lippo Village. sebagai partai balap mobil tambahan

“Namun, sebelum Seri III dan Al GP lippo Village, kemungkinan akan dilaksanakan satu atau dua event lagi,” ungkap lrawan saat ditemui loves mrDaJZy, di LVIFC, Karawaci, Tangerang, Sabtu (21/2).

Setelah dua seri lippo Village Indonesian GT Championship digelar, kata Irawan, pihaknya semakin mengenal karakter dari sirkuit jalan raya ini. Dalam waktu dekat, kata Irawan, pihaknya akan berkonsultasi dengan Herman Tilke, perancang sirkuit.

“Lintasan sirkuit sudah aman. Kami berharap bulan depan semua selesai dan meminta lisensi sirkuit ini kepada Federation Internationale de I’Automobile (FIA). Karena itu, kami perlu berbicara dengan Tilke,” jelas Irawan.

Dalam dua seri Lippo Village lndonesian GT Championship, kata Irawan, jumlah marshal (petugas sirkuit) yang berasal dari Universitas Pelita Harapan (UPH) semakin bertambah.

“Jika sebelumnya para marshal tersebut didatangkan dari luar Karawaci (sebanyak 405 orang) , kini hanya tinggal “20% saja yang berasal dari luar. Suatu saat nanti, pihak UPH yang akan mengelola sirkuit ini. Tapi sebelum itu, kemungkinan akan diadakan kursus tersendiri mengenai balap mobil. Beberapa staf di UPH, termasuk mahasiswa, nantinya akan menjadi penyelenggara balap internasional lainnya,” tambah Irawan.

Fitra Juara

Sementara itu, pembalap tim Garda Oto Racing Top 1 Fitra Eri berhasil keluar sebagai juala kelas Grand Touring dalam laga lippo Village Indonesian GT Championship Seri II di sirkuit jalanan LVIFC,Karawaci, Tangerang, Sabtu (21/2).

Berkat prestasinya ini, Fitra berhak membawa pulang hadiah utama sebesar Rp 50 juta. Fitra mencatatkan waktu 28 menit 34,841 detik (15 putaran) . Posisi kedua dihuni pembalap Honda Jakarta Center Petronas Rama Danindro dengan selisih waktu 1,883 detik dengan Fitra Sedangkan posisi ketiga ditempati Alvin Bahar dari Honda Racing lndonesia, delngan catatan waktu 28 menit 39,677 detik.

Pada seri II ini, Fitra tampil sangat luar biasa sepanjang balapan berlangsung. Pembalap yang berprofesi sebagai wartawan ini mampu menyusul Alvin, yang berada di pole ppsition, di tikungan pertama. Tak hanya itu, ia bahkan mampu menjaga selisih waktu dengan saingan terdekatnya hingga di atas satu detik. Menurut Fitra, kemenangan ini tercipta berkat strategi timnya yang berhasil memodiiikasi kendaraannya supaya dapat menyalip di setiap tikungan.

“Kesempatan menyalip di sirkuit ini sangat sulit Satu-satunya kesempatan ada pada saat start. Di tengah balapan, hujan sempat membasahi lintasan. Pada saat itu, saya langsung berpikir untuk menjaga jarak dengan pembalap lain nya,” tutur Fitra.

Selain itu, tambah Fitra, dukungan penonton yang memadati LVIFC sangat berpengaruh kepada cara mengendarai mobilnya. Ia, bahkan merasa terpacu untuk memberikan penampilan terbaik saat melintasi sirkuit jalanan pertama di Indonesia tersebut. Fitra pun optimistis dirinya dapat menjadi juara umum pada lippo Village lndonesian GT Championship.

“Berkat dukungan penonton, saya terpacu untuk memberikan yang terbaik. Sebab, saya terbiasa memberikan hasil terbaik hanya kepada tim,” jelas dia.

Saat ini, Fitra berhasil menambah raihan poin sebesar menjadi 25 poin dan menempati peringkat kedua dalam klasemen sementara. Posisi puncak masih ditempati oleh Rama yang mengumpulkan 28 poin. Peringkat ketiga dihuni oleh Sunny TS, setelah mengumpulkan 21 poin, disusul Alvin yang menempati peringkat keempat, dengan raihan 19 poin.

164b-lippo

Selain menjuarai kelas Grand Touring, Fitra berhasil menjuarai kelas Super Touring. Fltra mampu mencatatkan waktu 22 menit 01,578 detik (12 putaran). Peringkat kedua ditempati Andre Timothy dari tim BMW Alta Tunas Racing dengan catatan waktu 23 menit 39,071 detik Sedangkan urutan ketiga dihuni oleh pembalap Astra BMW Gerry Nasution.