Sedot Bobot Lebih Berbobot

Otomotif, Maret 2007

Isu soal GT Car Championship, tak pelak bakal menjadi daya tarik. Apalagi dari PT GT Radial Tbk selaku penyokong ban telah menyiapkan ban khusus untuk gelaran seri mendatang. Karena itu, kalau sempat, datanglah ke Sirkuit Sentul, Bogor, 12-13 Agustus ini.

Siklus Alvin

Selain GT Car Championship (GTCC), memang ada beberapa kelas akan dipentas. Diantaranya, Indonesian Super Production (ISP), Indonesian Super Touring, Student Car hingga OMR Suzuki Swift dan OMR Honda Jazz.

Namun di tengah intrik di dalamnya, GTCC bakal menjadi ‘primadona’. Setelah diskualifikasi yang menimpa Aldo (Mezzo Toyota Indonesia), konstelasi kelas ini berubah. Sebab Alvin Bahar (Honda Racing) langsung merangsek di urutan kedua klasemen pembalap dengan poin 21. Hanya beda 1 dari Fitra Eri (Garda Oto) di pamuncak.

30-gt

Perolehan ini membuatnya lerlecut.”Tampaknya siklus dua tahunan bakal terajadi, dengan saya menjadi juara kelas GTCC tahun ini, he he…,” kekeh Alvin. Tahun 2004, putra pembalap senior Aswin Bahar berhasil menyandang predikat terbaik nasional grup N.

Di samping GTCC, Alvin juga akan berkiprah di kelas Super Touring. Bedanya, pria ganteng ini akan menggeber Honda Civic dengan bendera Gudang Garam Honda Racing Team.

Alvin boleh saja optimis, tapi ia akan turun berlomba dengan beban maksimal, 60 Kg. Sama dengan Fitra Eri. Sehingga Aldo yang akan berlaga dengan beban 0 Kg, diperkirakan mampu menggapai maksimal. “Saya akan buktikan sebagai pembalap professional, dengan naik podium. Saya tak terpengaruh sanksi diskualifikasi kemarin, karena itu menyangkut mobil, janji Aldo.

Tapi yang membuat persaingan bakal seru, karena regulasi teranyar dikeluarkan GT Car Association (GTCA). Yakni pengurangan bobot pada Suzuki Swift hingga 20 Kg, sedang Honda Jazz dengan 40 Kg.

“Sudah dibicarakan dengan seluruh anggota, dan disetujui. Tujuannya, naik kendaraan apapun, sama peluangnya menjadi juara,”ujar Fitra Eri, kordinator GTCA. Swift dinilai paling cepat per laps, sedang Jazz sebenarnya equal Honda City.

BAN BARU

Kabar baik lainnya, GT Radial selaku pemasok ban di GTCC tengah menyiapkan ban khusus untuk balap turing. “Setelah melakukan riset seri sebelumnya, GT Radial bakal mengeluarkan produk baru yang paling cocok buat Racing. Menggantikan Champion 50 namun baru akan di Launch di seri berikutnya,”ungkap Irwan Sucahyono, sekjen PP IMI.

Kendati dua andalannya mengalami kecelakaan saat latihan Minggu (6/8) sore di Sentul, Aldira Racing Team tetap akan berkiprah. “Rama Danindro dan Apin akan kemi jagokan. Rama turun di OMR Swift, ISP dan GT Car. Sedang Apin di OMR Swift dan ISP,?kata Faris Lutfi, sang manajer.”

Kalau begitu ayo kita ke Sentul.