Perhatikan Ini Saat Menyetir Mobil Malam Hari

Sriwijaya Post, Agustus 2015

Menyambut tahun baru yang tinggal dua hari lagi, mungkin ada yang berencana melakukan perjalanan ke luar kota dengan menggunakan kendaraan sendiri. Entah, sebatas sampai Jawa Barat, ke Jawa Tengah, atau mungkin sampai Jawa Timur.

Dengan rute yang sudah dipilih, ada yang melakukan perjalanan di malam hari. Nah, ada beberapa bekal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara seperti yang disampaikan Taqwa, punggawa Bengkel Garden Speed di Cilandak, Jakarta Selatan.

16-malam

1. Bersihkan kaca, terutama jika kadar jamur yang menempel sudah cukup banyak apalagi di depan. Terlebih saat ini curah hujan sedang tinggi. Karena kondisi kaca berjamur yang terkena air dapat menghalangi pandangan akibat bias cahaya. Utamanya saat mendapat sorotan lampu baik dari mobil yang berlawanan arah maupun instalasi penerangan jalan.

Solusinya, Anda bisa melakukan sendiri menggunakan obat anti jamur atau ke salon mobil. Ada baiknya hal serupa dilakukan pada kaca belakang, spion dan juga kaca lampu.

2. Sesuaikan setelan lampu dengan standar pabrik. Jika sudah terlanjur dikutak-katik ada baiknya bawa ke bengkel resmi untuk minta dikembalikan ke posisi semula. Hal tersebut penting dilakukan karena bisa mempengaruhi jangkauan penyinaran lampu secara optimal.

3. Tidak dianjurkan menggunakan bohlam aksesoris (bukan rujukan pabrik). Apalagi menggunakan HID karena akan menimbulkan pantulan cahaya saat hujan atau berkabut. Fungsi lampu jadi berlawananan, bukannya menerangi tetapi menyilaukan.

4. Jika oli transmisi dan mesin sudah mendekati dikuras, seumpama perjalanan jauh, sebaiknya diganti baru.

5. Periksa kondisi ban serep. Ada beberapa peralatan pendukung yang perlu dibawa seperti senter, sekring dan plas chamois.

Sedikit saran dari Taqwa, jika terjebak di kemacetan hingga berjam-jam, buka kaca setiap 4 jam sekali. “Langkah tersebut berguna sirkulasi agar penumpang selalu mendapatkan udara segar dan tidak teracuni asap knalpot yang mungkin masuk ke dalam kabin,” ungkapnya.