MODIFIKASI Toyota Starlet SE 1988 PADUAN KOTAK DAN KAPSUL

Tabloid Otomotif, November 2003

Kenginginan Indrawanto punya mobil kecil nan lincah memang terjawab oleh Toyota Starlet SE tahun 1988. Namun tenaga mobil yang dibelinya dari baru ini masih dirasa kurang. Makanya, Indra pun melirik berbagai komponen milik Starlet GT bodi ‘kapsul’ dan ‘kotak’ buat dipadu jadi satu.

78a-starlet

Ganti Dua Kali

Dari luar, tampak jelas tampilan Starlet GT kotak. Kalau dilihat sekilas, memang tampak seperti mobil built-up. Tunggu dulu, coba cermati lebih teliti. Tuh liat, pintunya masih empat. GT kan hanya punya dua pintu.

78b-starlet

“Semua komponen bodi Starlet GT dipindah ke mobil ini,”buka Indra. Berbagai pernik eksterior pun berubah. Di depan ada lampu, bumper gril, kap mesin dan sein samping. Sedangkan pada buritan, spoiler, lampu, dan bumper.

Seluruh komponen diambil dari varian tahun 1989. Bedanya, fog lamp terletak di gril depan. Kalau yang lebih tua, fog lampnya melekat pada bumper depan.

Soal kelincahan meliuk di kemacetan ibu kota, Starlet memang sip banget. Akan tetapi, kalau bicara soal tenaga, masih kurang buat Indra. Mesin asli berkapasitas 1.300 cc pasti kalah disbandingkan sedan lebih besar.

78d-starlet

Biar makin gesit, ia putuskan mengganti mesin. “Dulu pernah ganti pakai mesin 3E 1.500 cc punya Toyota Tarcel,”kenang pilot yang sudah 17 tahun mengabdi pada Garuda Indonesia ini. Ternyata hasilnya masih kurang memuaskan.

Sebenarnya, bisa saja mengganti pakai mesin Starlet GT kotak yang sudah dilengkapi turbo intercooler. Tetapi ia lebih memilih sebongkah dapur pacu 4E-FTE dari Starlet GT kapsul. Menurutnya, mesin ini jauh lebih bertenaga. Jadi kalau mengandalkan mesin Starlet GT kotak bakal terasa tanggung.

Memindahkannya ke kompartemen mesin rupanya tak begitu sulit. Sebab disain dan mesinnya mirip dengan sumber tenaga asli.

Bengkel Garden Speed di bilangan Cilandak, Jaksel bertanggung jawab pada proses ini. “Paling hanya mengubah dudukan, itupun gak banyak kok,”papar pria 40 tahun ini.

78c-starlet

Mengganti mesin tadi juga membawa keuntungan lebih. Coba tengok interior. Terlihat lebih muda kartena dasbor pakai punya GT kapsul yang didapat dari halfcutnya waktu beli mesin. Lebih asik lagi, mesin GT yang di pesan dilengkapi transmisi otomatis. Selain dapat tenaga ekstra, kaki kiri pun bebas pegal saat meliuk kemacetan.