MODIFIKASI TOYOTA KIJANG LGX 2003

Majalah MOTOR, Februari 2004

INTERCOOLER GANTUNG

Mesin diesel umumnya mempunyai getaran yang lebih besar disbanding mesin bensin. Masal ini melahirkan ide cara pasng intercooler yang menyertai turbo cabutan dari Nissan Skyline pada Kijang diesel langsiran 2003 ini.

Aking kuatnya getaran mesin maka intercooler harus berada pada posisi turut bergoyang atau getar mengikuti getar mesin. Karena itu intercooler terlihat menggantung pada pipa utama turbo, tidak menempel pada bodi.

41-kijang

Identitas seorang penggila torsi bisa kita simak dari ungkapan Utomo Raharjo, pemilik mobil.”Saya tidak mencari top speed sih, tapi lebih kepada torsi.

Seperti umumnya mobil diesel tentu telah memiliki torsi lebih dibanding mesin berbahan bakar bensin.

“Sekarang walaupun belum saya uji betul tapi saya yakin peningkatan torsinya sekitar 50%, cukuplah,” lanjut pria yang berprofesi sebagai fotografer professional ini.

Alasan memilih turbo Skyline karena kecocokan air ratio antara turbo dengan kondisi mesin standar. “Aspek pemilihan air ratio merupakan hal penting dalam memilih turbo.”

Dalam memilih turbo, pilihlah yang mesin aslinya memiliki kapasitas (cc,Red) sama atau tidak terlalu jauh berbeda dengan mesin mobil kita.