Mobil Balap HBC-OTO Racing Modifikasi Honda Jazz

Pikiran Rakyat, Mei 2011

Modifikasi dan rekayasa teknik pada unit Honda All New Jazz lansiran tahun 2010/2011 dilakukan oleh tim balap. Tidak tanggung-tanggung. tiga unit mobil keluaran baru berkapasitas 1.500 cc tersebut sengaja dibangun dengan gaya racing street untuk terjun di sirkuit. Jurus ampuh penanganan teknis untuk HBC-OTO Racing Team Bandung ini dikerjakan oleh  Taqwa dari Garden Speed Jakarta.

65a-oto

Berlabur warna dominan oranye dengan stripping kuning, tampak mencolok dan tujuannya lebih untuk memberikan sebuah gebrakan melalui penampilan warna. Permainan kelir pada bodi mobil balap, dengan menggabungkan cutting sticker dengan air brush, merupakan poin tersendiri. Bahkan, sebelum terjun ke sirkuit membawa efek positif pada keseluruhan penampilan serta rasa percaya diri.

Tidak hanya cutting warna-warni splash plus detailing airbrush, penampilan mentereng lainnya diperlihatkan lewat warna emas yang disemburkan pada pelek. Tiga unit mobil pacu yang nyaris seragam ini akan digunakan oleh para pembalapnya, Fitra Eri, Andrew Haryanto, dan Agung Dorojatun yang tergabung dalam tim balap kolaborasi Honda Bandung Center dan Oto Multiartha

65b-oto

Mobil dan para pembalapnya diperkenalkan kepada publik di Mal Paris van Java, Bandung, awal bulan lalu. Akan berlaga pada ajang lndonesian Series of Motorsport (ISOM) yang seri Pertamanya berlangsung Minggu (17/4) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Juara tim dan perseorangan disasar sebagai target im yang bermarkas di Kota Kembang ini.

Mobil hasil rancangan baru ini diperkenalkan pada acara kesempatan jumpa pers dengan para wartawan Jawa Barat dan DKI Jakarta. Direktur Tim HBC, Albert Ang, menyebutkan bahwa tim akan terus melakukan pembinaan dan regenerasi. Untuk musim kompetisi tahun ini, mengandalkan tiga pembalap yang siap bertarung di Honda Jazz Speed Challenge atau One Make Race Honda Jazz. Tim asal Bandung ini telah berpengalaman di berbagai kejuaraan balap nasional sejak 2006. Kini dibentuk kembali dengan komposisi ideal dan bertekad mengambil posisi terbaik. Jadi, sejatinya tim ini adalah tim yang tergolong lama, tetapi dengan personel yang baru. Maka, untuk mobilnya, dukungan komponen pun diupayakan dengan perangkat balap unggulan.

Khusus untuk adaptasi karakter Sirkuit Internasional Sentul, Honda Jazz yang digunakan akan menggunakan ban GT Radial Champiro SXl, yaitu ban semi slick yang khusus dibuat untuk balap. Ban ini dibuat dengan konstruksi dan kompon khusus, serta merupakan hasil riset dan pengembangan.

Kemampuan maksimal juga diperlihatkan lewat penggunaan pelumas Top 1. Untuk mendukung performa, dipakai pelumas dengan formulasi khusus. yaitu dengan viscosity OW-20 yang diramu langsung dari Negeri Paman Sam. AS. “Sebenarnya secara basis, pelumas khusus ini sangat mirip dengan yang ada di pasaran, tetapi kami memodifika sedikit untuk menyesuaikan permintaan tim akan kebutuhan mesin balap di Honda All New
Jazz ini.” ungkap Derrick Surya dari Top 1 Indonesia. Bagi tim tersebut, ajang balap sekaligus menjadi sarana riset dan pengembangan paling ampuh.