MITSUBISHI LANCER EVO IX 2005 “JANGAN TERTIPU PENAMPILAN LUAR”

Otomotif, 18 Septembe 2016

MITSUBISHI LANCER EVO IX 2005
“JANGAN TERTIPU PENAMPILAN LUAR”

Mobil Harian Tetapi Asik diajak ke Sirkuit01-evo

Kelihatannya sih enggak ada yang istimewa dari Mitsubishi Lancer Evo IX milik Mr.58 yang nama aslinya tidak ingin diketahui ini. Nampak terlihat standar dan elegan dari luar.

03-evo

Namun jangan salah menilai dari luar dulu, ternyata mobil ini pernah menjuarai Time Attack, juara seri 1 dan 2 di sirkuit Sentul pada tahun 2011 di kelas Free For All dengan catatan waktu 1 menit 45 detik.”Memang seperti itu kemauan sang pemilik yang ingin punya mobil harian namun yang tetep bisa diajak buat main di Sirkuit,”terang Taqwa Suryo Swasono, pemilik bengkel Garden Speed Motorsport di Jl KH Muhasyim VII Cilandak, Jaksel.

02-evo

Hebatnya blok mesin dan girbok Lancer ini masih dibiarkan standar. “Blok mesin dan girbok mobil masih standar, karena mobil ini masih dipakai harian juga,”ungkap Taqwa, sapaan akrabnya.

Pada sektor mesin, camshaft diganti menggunakan Cosworth, turbo, kopling dan ECU menggunakan HKS.
Bagian tersulit saat membangun mobil ini saat setup suspensi.”Kita fokus disetup suspensi yang optimal dan terbukti sangat efektif. Peluang untuk menajamkan waktu 2-4 detik per lap sangat mungkin, karena kita masih mengg unakan bensin RON 95,”jelas pria ramah ini.

04-evo

Suspensi yang digunakan yaitu coilover HKS, rem depan juga pakai HKS namun rem bagian belakang masih menggunkan standar. Sementara pelek menggunakan Enkei RPF1 berukuran R18x9 inci yang dibalut dengan ban GT Radial ukuran 245/40R1 8.

05-evo

Masuk ke bagian kabin, nuansa racing terasa dari jok yang menggunakan Buddy Club dan safety belt  dari Takata. Berderet di atas dasbor mulai dari boost neter, oil pressure dan oil temperature produk dari HKS.

06-evo