Mesin Hebat Pakai Oli Hebat – OTOMOTIF RACING EXPERIENCE 2010 BY TOP 1

Tabloid Otomotif, Desember 2010

Mesin Hebat Pakai Oli Hebat
OTOMOTIF RACING EXPERIENCE 2010 BY TOP 1
162a-oli

Tidak hanya dibutuhkan mobil yang hebat, namun juga pembalap dan perangkat pendukung yang juga hebat, untuk meraih prestasi tertinggi. Komposisi inilah yang tertuang dalam acara Otomotif Racing Experience (ORE) di Sirkuit Sentul (8/12) silam. Mobil Toyota Yaris yang sudah modifikasi mesinnya, dengan pembalap Fitra Eri didukung oleh oli hebat TOPl Evolusion 5W-30 100% Fully synthetic Motor Oil API SM.

TIDAK BOLEH BERUBAH

Percuma saja kombinasi mesin dan pembalap hebat tanpa didukung oli yang memadai. Karena oli berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin. Jika performanya tidak hebat, pasti tak bisa memberikan pelumasan dengan maksimal. Hasil akhirnya tentu mesin akan cepat rusak. Terlebih bagi mesin yang sudah ditingkatkan performanya. Seperti mesin 1NZ-FE yang terpasang di Toyota Yaris balap ini.

Mesin tersebut sudah banyak menggunakan komponen yang tak lagi standar. Lebih banyak komponen rubahan dibanding aslinya. “Mesin mobil ini memang butuh oli yang bagus. Kekentalannya dapat terus terjaga sehingga mesin dapat terus bekerja maksimal. Beruntung TOP 1 ada spesifikasi oli yang benar-benar kita butuhkan,” ucap Taqwa Suryo Swasono dari bengkel Garden Speed yang menyiapkan mesin mobil.

Menurut Taqwa, saat balap mesin bekerja hampir mencapai batas maksimal. Pada saat seperti itulah, oli pegang peranan penting. Mesin yang selalu bekerja di putaran atas seperti mengocok oli yang ada. “Saat seperti itu, oli tidak boleh berbuih karena akan menghambat kerja mesin,” tambah pria bertubuh gempal ini.

Meski pemilik bengkel ini yakin kalau oli TOP 1 Evolution sw-so 100% Fully Synthetic Motor Oil. APl SM ini akan tetap maksimal, namun tetap saja ditambahkan oil cooler. Menurutnya hal itu untuk langkah antisipasi supaya kekentalan oli tetap terjaga sehingga umur mesin dan oli itu sendiri bisa lebih lama. Adanya pendingin oli memperlambat pengenceran oli yang berada di dalam mesin. Karena kalau terlalu encer, fungsi oli sebagai pelumas dan pelindung gesekan menjadi berkurang. Keyakinan proteksi oli terhadap mesin tersebut juga diungkapkan oleh Akmeilani, brand activation coordinator PT Topindo Atias Asia, produsen oli TOP 1.

“Varian ini memang diciptakan untuk mesin performa tinggi. Cocok untuk mesin balap yang selalu berada di putaran tinggi,” seru Memei, panggilan akrab Akmeilani. Tidak hanya itu saja. oli ini juga cocok untuk mobil luxury dengan kapasitas mesin diatas 2.500 cc atau juga mesin berkonfigurasi V6, V8, bahkan v12 sekalipun. Lebih pastinya, oli ini memang dipersiapkan bagi mesin-mesin yang sudah memiliki teknologi tinggi dan modifikasi.

Kekentan oli yang bisa dijaga membuat pelumasan terhadap internal masih menjadi maksimal. Sehingga kegagalan kerja mesin bisa diminimalisir. Saat gelaran ORE, mobil dipakai memutari trek sebanyak lebih dari 33 kali. tanpa pernah berada di putaran mesin bawah. Kondisi saat berada di trek, benar-benar simulasi seperti balapan.

Terbukti performa oli TOP 1 Evolution 5W-30 100% Fully Synthetic Motor Oil API SM tidak mengalami penurunan sedikitpun.Terlihat dari waktu tempuh yang berhasil diraih oleh selalu konstan mulai sejak lap l.

162b-oli

“Kalau ada penurunan performa oli. mesh juga menurun. Bisa dilihat dari indikator oli,” tambah Taqwa, Kekentalan yang 5w-3o ini tidak membuat kinerja internal mesin menjadi berat, karena tergolong encer. Efeknya, karena mesin Iebih enteng bergerak sehingga fuel economic bisa dicapai. Tak perlu injak pedal gas dalam untuk mengge rakkan mobil. Meski encer, namun formula yang ada mampu memproteksi mesin dengan sempurna.