Menilai Mobkas Di Bengkel Resmi

Majalah Auto Bild Indonesia, Februari 2011

Menilai Mobkas Di Bengkel Resmi
By : Fitra Eri

Mobil bekas merek premium dari Eropa selalu menggoda untuk dimiliki. Bukan saja harganya relatif jatuh, namun gengsi serta kecanggihan yang dimiliki sulit ditandingi merek-merek dari benua lain.

Masalahnya, terkadang ini justru menjadi bumerang bagi Anda yang kurang teliti memeriksa kondisinya. Biaya perbaikan dan suku cadang mobil premium memang cukup menguras dompet.

Tentu saja kita tak tahu persis bagaimana perlakuan pemilik sebelumnya terhadap mobkas yang kita incar. Celaka bila ternyata sang pemilik tak pernah melakukan perawatan secara teratur.

“Mobil premium itu sebetulnya reliable selama dirawat teratur. Tapi bila ada kerusakan kecil dan tidak segera dibenahi, ia mudah merembet ke komponen lain,” ucap Taqwa SS, punggawa Garden Speed yang kerap menangani perbaikan mobil premium yang tak dirawat benar. Kalau sudah begini, uang jutaan rupiah bisa ludes dalam sekejap.

10-mobkas

Dan karena rumitnya sistem mekanikal maupun elektronik di mobil premium, kadang kita sulit menentukan kondisinya secara akurat. Untuk itu, ada baiknya kita menyerahkan pemeriksaan itu pada ahlinya yakni bengkel resmi.

Dan untunglah hampir semua bengkel resmi merek premium menyediakan layanan khusus untuk memeriksa kondisi mobkas ini.

ESTIMASI BIAYA

Kami pun mengontak beberapa bengkel resmi merek premium terkemuka, untuk mengetahui jasa apa saja yang bisa dinikmati konsumen pengincar mobkas.

“Bawa saja ke sini, dan kami akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh,” buka Rundi Hexayoga, Kepala Bengkel Audi MT Haryono, Jakarta. Dengan durasi sekitar 4-5 jam, mekanik Audi akan memeriksa seluruh bagian mobil dari mulai mekanikal, keadaan fisik hingga elektronik.

Enaknya memeriksakan mobil ke bengkel resmi, selain terlatih mereka juga memiliki alat khusus yang bisa membaca keadaan tidak beres di mobil. Dengan begitu tak ada lagi main kira-kira.

“Biayanya memang bervariatif tiap merek, di kami hanya sekitar Rp 350 ribu,” tambah Esa Jayanto, Service Advisor Eurokars BMW. “Bahkan konsumen tak perlu menginapkan mobil karena prosesnya relatif cepat.”

Mercedes-Benz selaku merek premium terlaris di Indonesia juga menyediakan layanan ini. Menurut Abdul Basyt, kepala bengkel Adedanmas di kawasanLebak Bulus Jakarta, besarnya biaya dan lamanya pengerjaan tergantung dari tipe mobil yang hendak diperiksakan.

“Rentangnya dari Rp 850 ribu hingga Rp 3 juta. Nantinya konsumen akan mendapat data lengkap tentang kondisi mobil dan estimasi biaya perbaikan yang diperlukan,” tutur Abdul Basyt.

NEGOSIASI

Nah, permasalahan yang nantinya mungkin timbul adalah bagaimana bernegosiasi untuk membawa mobil incaran Anda tersebut untuk dibawa ke bengkel resmi. Biasanya penjual enggan membawa keluar mobil dengan alasan tidak ada waktu.

Tentu saja pertama kali Anda harus melakukan pemeriksaansendiri dan test drive. Bila mobil dirasa sudah sesuai dan Anda sreg membelinya, tinggal bilang ke penjual bahwa Anda siap membeli mobil ini. Namun Anda harus menanyakan apakah si penjual menjamin kondisi mobilnya.

Bila si penjual menyatakan menjamin kondisi mobilnya, sebagai itikad baik Anda harus memberi DP sedikit. Lantas Anda bilang akan melunasi setelah mobil itu diperiksakan ke bengkel resmi dan tidak ada masalah berarti. Biasanya si penjual akan mau menuruti Anda karena sudahmemegang DP.

Apabila ternyata setelah diperiksa kondisi mobil tak bermasalah, tambah lagi DP sebelum melunasinya keesokan hari. Tapi bila keadaan mobil amburadul, setidaknya Anda bisa mempertimbangkan untuk tetap mengambil mobil tersebut atau merelakan DPnya hilang.

Tentu saja lebih enak lagi bila bisa membawa mobil ke bengkel resmi tanpa memberi DP. Namun itu baru bisa dilakukan bila Anda dan penjual telah saling percaya.