KOMPONEN BALAP HASIL RISET TAHUNAN HONDA JAZZ RS 2011

Majalah OTOSPORT, April 2011

KOMPONEN BALAP HASIL RISET TAHUNAN
HONDA JAZZ RS 2011

BENAR atau tidak, Taqwa SS dari Garden Speed sudah membuktikan langsung di gelaran balap touring beberapa waktu lalu. Meski dinilai lebih rigid. kaki-kaki Jazz RS tetap butuh rombakan serius.

otosport-april-11-1

Meski terhalang regulasi yang menuntut spesifikasi kaki-kaki dominan asli pabrik, tak membuat Taqwa putus semangat. Pengalaman meracik beberapa besutan balap untuk sirkuit Sentul cukup membantu dalam membuat settingan nan pas.

Justru permainan komponen tak perlu terlalu banyak. Sebaliknya, memahami karakter Honda Jazz dalam melahap setiap tikungan
justru paling berpengaruh. “Sejauah ini kombinasi yang ada di kolong sepatbor sudah pas,” jelas Taqwa.

Tak bisa dimungkiri, spesifikasi mobil dari rival Andrew Haryanto, selaku driver juga memiliki kemampuan setara. “Kunci keberhasilan memang ada pada driver,” jelasnya. Tetapi pemilihan komponen yang pas bisa membantu untuk mempertajam waktu.

Kombinasi pas antara pelek 15 inci Volks racing, ban hi-spec GT Radial SX1 dan suspensi aftermarket memang bisa membawa Andrew keluar sebagai podium pertama di kategori promotion saat balap turing OMR Honda Jazz kemarin, pertengahan April silam.

otosport-april-11-2otosport-april-11-3

Komponen apa saja yang dibenamkan Taqwa ke dalam Honda Jazz RS milik Honda Bandung Center ini sehingga bisa terus berkiprah hingga lap terakhir? Silakan diintip sendiri deh.

BILA dilongok ke balik sepatbor, sebenarnya tak ada yang Istimewa. Terlihat sepasang sokbreker model adjustable yang dilengkapi link tambahan pada sokbreker depan.

otosport-april-11-4

Produk buatan Crux ini bersanding dengan per keong J’s Racing. Menurut Taqwa, untuk bobot Honda Jazz yang tergolong ringan, kombinasi sok dan per ini terasa pas.

Dengan kata lain. suspensi tidak terlalu keras tetapi cepat mengembalikan posisi bodi mobil ke semula setelah proses damping diukungan.

Hal ini lantaran sokbreker gas yang memiliki kekerasan dengan bantuan setelan model ulir. Menggunakan kunci khusus, kekerasan per keong bisa disetel sesuai kebutuhan.

otosport-april-11-5

Malah untuk bagian belakang yang tergolong krusial, karena bobot mobil paling ringan ada di buritan, dipakai sokbreker Cruz yang bisa disetel dengan tangan.

Bisa dilihat dari tombol pemutar yang ada di kabin belakang. “Bila sewaktu-waktu ingin menyetel suspensi tinggal putar ke kiri atau kanan,” jelas Taqwa.