FINO DISKORS 6 BULAN

Tabloid Otomotif, November 2008

Komisi disiplin PP IMI melalui surat Keputusan yang ditandatangani Ketua PP IMI, Ari Batubara, akhirya menjatuhkan sanksi skorsing kepada Fino Saksono. Ini adalah buntut kasus peludahan pembalap turing Pro Wheels tersebut kepada mekanik tim Garden Speed Top 1,Taqwa 88 di seri ke-5 one make race Ford Focus, sirkuit Sentul awal November lalu.

60-fino

Keputusan ini dibuat untuk menegakkan azas sportivitas dalam balap nasional. Sebelumnya. pihakpihak yang terkait sudah didengar pendapat dan kesaksiannya dalam sidang hearing yang diadakan PP IMI di kantornya (18/11) lalu.

Hukuman skorsing dinyatakan dalam bentuk pencabutan KIS (kartu izin start) Fino terhitung sejak surat keputusan itu dibuat (21 November 2008) hingga 6 bulan ke depan (21 Mei 2009). Artinya. Fino tidak dapat mengikuti seri terakhir one make race Ford Focus akhir pekan ini (7/12).

Padahal. putera pembalap senior Indra Saksono tersebut memimpin poin klasemen sementara dan berpotensi menyabet hadiah juara musim berupa Ford Ranger. Bahkan. Fino juga tidak bisa ikut di 2 seri pertama musim depan yang dijadwalkan 19 April dan 17 Mei 2009 (rencana kalender sementara PP lMl 2009).

PP IMI menjatuhkan hukuman ini dengan pertimbangan pembelajaran kepada yang bersangkutan. Serta paling penting. kasus serupa tidak terjadi lagi di balap nasional dalam cabang manapun juga.