Demi Hasrat Tiga Lap – Toyota Yaris

Tabloid Otomotif, Oktober 2011,

Demi Hasrat Tiga Lap

176a-yaris

Sesuai bidang yang digeluti, rasanya juga begitu lama sejak OTOMOTIF punya Toyota Kijang Monster kebanggaan, yang sempat membuat gempar arena drag race era 1990-an lalu. Kali ini, tim awak redaksi kembali memeriahkan ajang Time Attack, jenis balap baru yang bertujuan mencari waktu tercepat mengelilingi sirkuit Sentul hanya dalam 3 lap saja.

Hasil support PT. Toyota Astra Motor (TAM), kali ini Toyota Yaris keluaran 2008, diandalkan untuk mencapai waktu terbaik. Enaknya, sudah berspesifikasi balap. Racikan Taqwa Suryo Swasono, tuner Garden Speed di daerah Cilandak, Jaksel. Hatchback mungil yang dulunya sempat dipakai balap GT Car ini, dipercaya untuk memuaskan hasrat tim OTOMOTIF yang tak pernah jauh dari dunia balap.

176b-yaris

Nah, beda dengan seri balap turing yang berlangsung minimal 10 lap, tentu beberapa modifikasi yang dikerjakan harus bertujuan mencari kinerja optimal mesin dalam waktu singkat. Pastinya, beda driver, beda juga ubahan utama di sektor kaki-kaki. Maka dari itu. dukungan beberapa sponsor seperti TOP 1, dan GT Radial jadi begitu berarti.

176c-yaris

Walau tak bisa menempelkan atribut TOP 1 , demi kemajuan dunia otomotif Indonesia, makanya kita selalu mendukung kegiatan balap.” ungkap Akmeilani, Brand Activation Coordinator PT. Topindo Atlas Asia. Ajang GT Car yang dulu diikuti, bikin upgrade mesin tak bisa terlalu buas. Cocok dengan lima Attack yang memang diperuntukkan pembalap baru. Sayangnya, karena pernah dipakai balap, alhasil hatchback andalan Toyota ini harus dapat handicap 12 detik, dari spesltikasi mobil, dan turun di kelas FFA 2, bertarung dengan kendaraan lain yang punya spesifikasi mesin jauh lebih besar.

Tenang. bukan OTOMOTIF namanya kalau menyerah sebelum bertanding. Mesin memang tak terlalu banyak ubahan, tapi sektor kaki-kaki bisa jadi andalan utama untuk fight, ” ujar Taqwa kali ini. Maka dari itu, dipilih beberapa barang yang punya spesifikasi langsung bekerja ideal. dalam waktu singkat.

176d-yaris

Begitu menyentuh kaki-kaki. baru Taqwa mesti banyak berkreasi. Sokbreker pastinya telah beralih dengan merek Tein untuk depan dan belakang. Bukan apa-apa. soalnya karakter Yaris yang lincah harus didukung dengan sokbreker yang punya tingkat kekerasan dengan rebound bagus.

Kunci bertarung dengan mobil lain berspeslfikasi besar, harus ambil racing line lebih benar. dan mengerem lebih dekat,” sambung tuner yang juga atlet terbang layang ini. Artinya, Yaris harus dibuat lebih stabil melibas tikungan, dan mengerem lebih dekat lagi dengan tikungan. lngat lagi, semuanya harus langsung tercapai dalamwaktu kurang dari Siap.

176e-yaris

Pilihan lingkar pelek, lagi-lagi TRD dipilih dibungkus ban GT Radial Champiro SXl ukuran 195150815, yang terbukti punya grip maksimal di aspal Sentul. UntukTIme Attack, beda di setelah angin agar dapat grip lebih maksimal, dan tak perlu daya tahan terlalu lama, ” urai mekanik berambut ikal ini.

Kombinasi mengambil tikungan lebih ekstrem, kampas rem memakai merek Ferodo’, lagi-lagi, terbukti punya daya rem lebih maksimal dalam waktu singkat. Kampas lebih cepat mencapai suhu kerja ideal, dan sangat terasa Yaris lebih mudah dikendalikan.

ingin berkenalan dengan tim OTOMOTIF tunggu saja Time Attack seri 3 ya!! Langsung saja datangi sirkuit Sentul