Cara Hemat Cuci Filter Replacement

Tabloid Otomotif, Juni 2010

Cara Hemat Cuci Filter Replacement

156a-cuci

Beragam filter dilepas di pasaran. Selain sekadar pengganti penyaring hawa standar, ada juga sebagai peningkat performa. Nah, filter-filter ini umumnya bisa dibersihkan, jadi enggak perlu diganti baru jika sudah kotor.

Tetapi masalahnya, pencucinya boleh dibilang tak murah, meski konsep filter pengganti yang bisa dicuci ulang itu adalah penghematan.

Di pasaran, pencuci filter macam K&N dijual seharga Rp 250 ribu. Belum lagi, minyak olesnya setelah dicuci, itu pun tentu tak dijual dengan harga murah.

156b-cuci

Namun, ada cara yang makin membuat filter ini makin hemat. Dengan mencuci pakai bahan lebih murah. Tak perlu repot, malah bisa didapat di rumah.

Cukup sediakan deterjen, lantas air hangat serta minyak sokbreker. Minyak sokbreker ini dijual sekitar Rp 15 ribu per botolnya.

156c-cuci

Sekarang tinggal membersihkannya. Copot filter kotor dari dudukannya (gbr.1), lalu siapkan bahan-bahan pencucinya. Sediakan bak kecil untuk menampung air panas lalu masukkan deterjen ke dalamnya (gbr.2).

Kemudian celupkan filter kotor, ke dalam air, lalu biarkan sebentar, lantas angkat dan celupkan kembali berulang-ulang, hingga kotorannya lepas. Akan terlihat air akan makin keruh (gbr.3). Sudah benar-benar bersih? Sekarang diamkan saja di tempat teduh.

156d-cuci

Sebaiknya tidak dikeringkan menggunakan angin bertekanan atau dijemur. “Jika ditiup akan merusak elemennya,” tukas Taqwa SS, dari Garden Speed di kawasan Cilandak, Jaksel. Jadi, cukup dibiarkan diangin-anginkan saja di tempat teduh.

Proses terakhir, tinggal mengoleskan minyak sokbreker. Gunakan kuas untuk mengoleskannya (gbr.4). Saat mengoleskan minyak ini, jangan terlalu bersemangat. Alias tak perlu di tiap sisi. Cukup bagian luar filter saja.

Tujuannya agar kotoran dan debunya akan melekat pada bagian luar ini saja. Tidak tersedot ke dalam.