Balapan Minim Ngebut MERCEDEZ-BENZ C200 CGI AVANTGARDE 2010

Tabloid Otomotif, November 2010

Baru pertama kali dilangsungkan, walau hanya sebagai eksibisi.
toh kemeriahan Mercedes-Benz C-Class Touring Cup 2010 mem-
bangkitkan aura modifikasi baru untuk sedan premium ini. Tentu tak ketinggalan seorang Fitra Eri. pembalap yang tergabung dengan Top 1 Racing Team.

Bengkel Garden Speed di Jl. H Muhasyim VII No. 45A, Jaksel disambangi untuk memaksimalkan kinerja mobil yang baru datang 2 hari sebelum balap berlangsung. Tak banyak yang bisa dikerjakan, Taqwa Suryo Swasono, pemilik sekaligus tuner mengaku hanya maksimalkan setting suspensi dan menambahkan oil cooler transmisi untuk meredam hawa panas sirkuit oil cooler mesin smaya enggak kena Safe Mode” papar ayah 2 orang putra ini.

62-mercy

Belum lagi beberapa perangkat elektronik seperti ESP dan ABS yang malah bikin repot pembalap berpengalaman. Terbukti sempat beberapa kali Fitra kena Safe Mode yang mengakibatkan mesin tak mau dipacu maksimal. “Jadi bawanya mesti smooth enggak boleh overlimit karena ESP-nya bisa intempsi mengurangi power mesin,” ucap Fitra kali ini. Enggak bisa ngebut seenaknya dong.

Selain oil cooler, hanya knalpot yang mengalami rombakan, itupun spesifikasinya sama persis dengan pembalap lain.. Hanya spesifikasi diameter pipa berbedabeda karena ada beberapa bagian yang dibesarkan, tapi sebagian lan justru dikecilkan.” terang BenYamin Yamin Irianto, associate director PT. Standar Adi Knalpot Indonesia (SAKI) ketika ditemui OTOMOTIF di pad-dock Sentul.

Sektor suspensi yang termasuk yang belum sempat up-grade. “Tadinya direncanakan pakai Kw Suspension, tapi karena belum sampai di Jakarta hingga hari H, terpaksa hanya ganti per.“ lanjut pria tinggi langsing ini. Per Eibach terpasang demi ketinggian dan membuat bodi lebih stabil di tikungan. “Enak sih. jadi lebih presisi dan sigap di tikungan.” urai Fitra lagi. Buktinya, berhasil finish di urutan 4 padahal start dari posisi 16!

Sama dengan nama dan spek mesin begitu juga pelekdanban. Semnuanya disupai oleh Mercedez-Benz Indonesia. Ukurannya 17 inci, tapi punya offset lebih keluar dari standarnya. Dibalut ban GT Radial SX1 ukuran 215/ 45R17. efeknya tentu di traksi yang meningkat dari standarnya.