Aturan Pemakaian Hans Dibatasai Untuk Mobil Kecepatan Kurang dari 1 Menit, 55 Detik

Otomotif Xtra, Mei 2015

Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2015 Serie 2
Aturan Pemakaian Hans Dibatasai Untuk Mobil Kecepatan Kurang dari 1 Menit, 55 Detik

ISSOM, OX. Pada seri pertama Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM), aturan Hans masih menjadi perdebatan diantara pembalap, tim, dan penyelenggara. Tapi di seri kedua, penggunaan Hans sudah bisa berjalan sesuai dengan kecepatan mobil yang digunakan oleh pembalap.

11-isom

“Memang pada seri pertama, penggunaan Hans menjadi permasalahan. Karena sebelumnya pihak IMI mengeluarkan adendum yang mewajibkan semua pembalap menggunakan Hans. Memang secara safety Hans wajib. Tapi tahun 2014 masih diperbolehkan semua pembalap nggak menggunakan Hans. Akhirnya disepakati tahun ini untuk pembalap yang mobilnya memiliki kecepatan kurang dari 1 menit, 55 detik per lap saat QTT, wajib menggunakan hans,” terang Taqwa dari Garden Speed Cilandak, manajer tim Honda Bandung Center, dengan salah satu pembalapnya Fitra Eri.

Untuk tahun ini, semua seri menggunakan aturan itu. “Kecuali untuk kelas kejurnas. Semua pembalap wajib memakai Hans,” tegas Taqwa. Sedangkan kelas supporting, masih diberikan waktu untuk menyiapkan pemakaian Hans ini.

Penggunaan Hans oleh pembalap, memang dari segi safety sangat perlu. Akan tetapi, untuk berinfestasi Hans yang harganya lumayan mahal yaitu di atas Rp 3 juta rupiah, ada perlu disosialisasi kan lagi.